KODE Dfp 1 Proposal Pembangunan Masjid | Proposal-Materi-hanyausaha

Proposal Pembangunan Masjid

KODE 200x200
KODE 336x320 atau in artikel




    PENDAHULUAN

"Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah, yang beriman kepada Allah dan hari akhir serta mendirikan shalat, mengeluarkan zakat dan tidak takut melainkan kepada Allah. Lantaran itu mudah-mudahan mereka menjadi orang-orang yang mendapat petunjuk".
(QS. At-Taubah:18)

Tempat yang paling disenangi Allah SWT dipermukaan bumi adalah masjid dan mushalla yang didalamnya senantiasa disebut / di ingat asma Allah diwaktu pagi dan petang ( An – nur : 36 ).  Masjid merupakan suatu sarana yang paling tepat untuk melaksanakan ibadah / mendekatkan diri kepada Allah swt bagi ummat islam.
Begitu mulia kedudukan masjid didalam pandangan Allah SWT sehingga melalui masjid dapat menghantarkan diri seseorang kepada gerbang kesuksesan hidup diduniawi dan ukhrawi baik yang membangunnya maupun bagi pelaku ibadah didalamnya oleh karena itu : “Barang siapa yang membangun masjid karena taqwa kepada Allah SWT, (walaupun seperti sangkar burung) Allah SWT akan membangun baginya sebuah istana didalam surga” (hadis : Bukhari dan Muslim)
    DASAR PEMIKIRAN
Caringin adalah salah satu kampung di Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung  yang cukup jauh dari kota dan kabupaten Sukabumi.
Masjid sebagai sarana yang fundamental bagi masyarakat islam yang berfungsi untuk mendukung ragam kegiatan ibadah sekaligus sebagai tempat pembinaan sosial dalam hubungan menjalin hati persaudaraan dan kesatuan ummat islam untuk menuju terciptanya suatu mesyarakat madani.
Kondisi masjid Al Ikhlas yang ada pada saat ini membutuhkan renovasi bahkan pembangunan ulang, baik dari bentuk maupun ukuran. Karena pembangunan atapnya dahulu hanya terbuat dari papan dan sudah lapuk dimakan rayap serta proses alamiah, selanjutnya ukurannya pun sudah terlalu kecil melihat jumlah ummat islam dan perkembangan penduduk beragama islam semakin banyak.
Masjid saat ini berdiri di tanah wakaf dengan luas ± 200 m2 akan diperluas bangunannya dengan adanya tanah wakaf seluas ± 300 m2, sehingga luas bangunan akhirnya menjadi 400-500 meter persegi.
Namun kini kami menyadari bahwa kemampuan masyarakat muslim yang ada di kampung Caringin sangat terbatas , baik dari dana, tenaga dan pemikiran, karena masyarakat muslim mayoritas mata pencahariannya adalah petani dan buruh tani secara tradisional. Tetapi masyarakat berkeyakinan bahwa membangun masjid adalah menjadi tanggung jawab kita bersama ummat islam dan pekerjaan mulia yang bernilai ibadah, bahkan telah mendapat jaminan dari Rasulullah SAW, sebagai amal jariah yang senantiasa mengalir pahala yang berlimpah walaupun ia telah beristirahat di alam barzah. Kami panitia pembangunan Masjid Al Ikhlas dengan tawadhu’ dan rasa hormat, mengharapkan bantuan dari Bapak/Ibu/Saudara/i, agar kiranya dapat memberikan bantuan dana demi terbangunnya mesjid yang ingin kita wujudkan.
    MAKSUD DAN TUJUAN
Adapun maksud dan tujuan pembangun Masjid Al Ikhlas Caringin ini adalah untuk memperbaiki kondisi mesjid yang hampir tidak layak lagi sebagai tempat ibadah dan sosial kemasyarakatan serta untuk mendapatkan kegairahan ummat Islam beribadah kehadirat Allah SWT dan syiar Islam.
    TEMPAT (LOKASI)
 Lokasi pembangunan Masjid Al Ikhlas berada di kampung Caringin Rt 02 Rw 07 Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Kab. Sukabumi. Terletak di pinggir jalan propinsi yaitu Jl. Raya Sagaranten. Jarak dengan masjid jami terdekat sekitar 2 Km.

    JUMLAH WARGA
Jumlah yang kepala keluarga yang berada di sekitar Masjid Jami Al Ikhlas sebanyak ± 300 KK. Sedangkan jamaah pengguna Masjid juga berasal dari musafir yang mampir beribadah di masjid, dikarenakan lokasi masjid di pinggir jalan propinsi.
   
   

    SUMBER DANA
Adapun sumber dana pembangunan Masjid Al IKHLAS ini, diharapkan dan diperoleh dari :
1.    Dana awal / sumbangan masyarakat muslim kp Caringin dan sekitarnya
2.    Sumbangan solidaritas muslim dunia
3.    Bantuan para donatur dan dermawan muslim Indonesia
4.    Bantuan dari instansi pemerintah
5.    Organisasi islam dan kemasyarakatan yang sifatnya tidak mengikat
6.    Para pengusaha
7.    Dll.

    PENUTUP
Demikian proposal pembangunan Masjid Al Ikhlas ini kami buat, dengan harapan semoga Bapak/Ibu/saudara/i berkenan untuk memberikan bantuan kepada masjid Al Ikhlas ini, kami selalu berdoa berharap kehadirat Allah SWT, semoga Bapak/Ibu/saudara/i dalam lindungan Allah SWT serta sukses selalu dalam melaksanakan tugas. Atas perhatian dan bantuan kami ucapkan terimakasih.

STRUKTUR KEPANITIAAN
    PEMBINA         :  Ust Iman Abdurahman
                                                   Ust Abbas
                                                   Ust Arsyad

    PANITIA       
KETUA            :  Hendrayana    

SEKRETARIS          :  Suhendar

BENDAHARA        :  Amar

SEKSI BANGUNAN     :  Solihin
 Sarana Penyaluran Dana
              Rekening Panitia.
            

Atau  langsung kepada Seksi Penghimpunan Dana




      Sukabumi, 1 Agustus 2016
PANITIA PEMBANGUNAN MASJID AL IKHLAS
 KP. CARINGIN DESA MEKARSARI KEC. NYALINDUNG KAB.SUKABUMI

KETUA                             SEKRETARIS


                      HENDRAYANA                                                       SUHENDAR

Mengetahui :
   Kepala Desa Mekarsari



          SYARIF HIDAYAT





STRUKTUR DKM
      
KETUA            :  Saepudin

SEKRETARIS          :  Udin

BENDAHARA        :  Edang



STRUKTUR KEPANITIAAN
    PEMBINA         :  Ust Iman Abdurahman
                                                   Ust Abbas
                                                   Ust Arsyad

    PANITIA       
KETUA            :  Hendrayana    
SEKRETARIS          :  Heri Lesmana

BENDAHARA        :  Jaya

                           








    KEADAAN MASJID AL IKLHAS SEKARANG

Masjid tampak Depan


Masjid tampak samping kanan


Masjid tampak samping kiri


Kondisi dalam masjid


Kondisi langit langit Masjid


Masjid tampak belakang


Tanah Wakaf untuk perluasan Masjid


Tanah Wakaf untuk Perluasan masjid
No            : 001/PPMA/VIII/2016
Perihal        : Permohonan pembangunan Masjidn jami
Lampiran    : -


Kepada Yth :
Ketua
Yayasn Bina Umat
Di tempat

Assalamualaikum wr wb
Dengan hormat,
Sehubungan dengan adanya usulan pembangunan Masjid Jami Al Ikhlas di kampung Caringin Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. Dengan ini kami panitia pembangunan dan seluruh warga Kampung Caringin memohon bantuan kepada Yayasan Bina Umat untuk pembangunan Masjid jami.
Sehubungan dengan hal diatas kami dan warga telah sepakat meminta bantuan tersebut dikarenakan Masjid saat ini sebagian atapnya lapuk termakan usia dan Masjid akan di bangun kembali dari awal karena mandapatkan wakaf tanah.
Demikian proposal bantuan ini kami sampaikan, sebelum dan sesudahnya kami dan warga sampaikan terimakasih.
Caringin, 1 Agustus 2016
Ketua Panitia



Hendrayana    Ketua DKM Masjid AL Ikhlas



Saepudin
Mengetahui Kepala Desa Mekarsari




Syarif Hidayat



Kode 300 x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2
Kode DFP2