Loading...

Rabu, 09 Februari 2011

Proposal Usaha Jahe


PROPOSAL


USAHA PENGOLAHAN JAHE
KELOMPOK WANITA KARYA




          NAMA KETUA                      :  LINA MULYANI
          DESA                                      :  MEKARSARI
          KECAMATAN                      :  NYALINDUNG
          KABUPATEN                        :  SUKABUMI


MULIA PANGAN

2011
I.                    PENDAHULUAN

                        Latar Belakang
Pembangunan pertanian merupakan bagian integral dari pembangunan ekonomi dan masyarakat secara umum, menunjukkan bahwa sektor yang handal dan mampu bertahan dalam krisis serta berperan sangat besar dalam perekonomian nasional.
Penanganan pasca panen bertujuan untuk memberikan niali tambah produk dan meningkatkan pendapatan demi tercapainya kesejahteraan petani beserta keluarganya.
Strategi pembangunan di pedesaan merupakan perpaduan pemerataan dan pertumbuhan secara berkesinambungan melalui pembangunan kelompok-kelompok Tani dengan menerapkan cara distribusi dan pemasaran diatur dalam kelompok usaha ataupun koperasi.
Hal diatas dilakukan untuk mencapai keberhasilan dari pembangunan pedesaan dalam mewujudkan masyarakat tani yang maju, mandiri, sejahtera atas dasar prakarsa masyarakat itu sendiri.
Kondisi sumber daya alam di Desa Mekarsari kecamatan Nyalindung mendukung usaha pertanian palawija terutama jahe. Ketersediaan lahan, air, dan sumber daya manusia juga merupakan potensi lokal yang dapat membantu keberhasilan program pemberdayaan keluarga petani. Namun salah satu pembatas dalam pencapaian keberhasilan usaha pertanian dan pengolahan hasil panen yaitu permodalan yang terbatas.
Sehubungan kendala yang dihadapi oleh Kelompok Wanita Karya “MULIA PANGAN” maka dengan ini bermaksud mengajukan proposal guna terpenuhinya kebutuhan bagi usaha Olahan dan Gaplek Jahe yang terletak di Kampung Cisayar Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi

            Tujuan
Tujuan dari pengajuan proposal ini adalah :
a.      Untuk memperkuat permodalan dalam usaha pengolahan Jahe.
b.      Untuk mengurangi tingkat pengangguran masyarakat.
c.       Untuk meningkatkan pendapatan.
d.      Untuk memperlancar pemasaran hasil pertanian Jahe

            Sasaran
Sasarannya adalah hibah modal kerja dari donatur untuk penguatan modal usaha pengolahan jahe Kelompok Wanita Karya “MULIA PANGAN” kampung Cisayar Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi.

II.                 KEADAAN USAHA PERTANIAN
            Keadaan Umum
Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi merupakan daerah berbukit dengan sebagian masyarakatnya adalah petani dan lebih banyak lagi buruh tani. Luas lahan pertanian kebanyakan berupa ladang yang ditanami palawija. Petani di desa sekitar kecamatan Nyalindung dan kecamatan sekitarnya kebanyakan menanam paliwija sebagi mata pencaharian. Dengan demikian ketersediaan bahan baku jahe tidak akan kesulitan untuk mendapatkanya.
Namun pada aspek non teknis yaitu dalam hal permodalan merupakan kendala dalam pengembangan usaha pengolahan hasil panen Jahe sehingga petani belum mengarah pada kegiatan ekonomi pada skala bisnis. Petani masih mengandalkan penjualan secara mentah dan melalui tengkulak, hal ini menyebabkan kesempatan petani untuk meningkatkan pendapatan tidak terwujud.

            Keadaan Kelompok Wanita Karya
Kelompok Wanita Karya “MULIA PANGAN” bergerak pada pengolahan hasil panen jahe, baik berupa gaplek jahe, bandrek, coklat jahe dan olahan jahe yang lain. Berdomisili di Kampung Cisayar Desa Mekarsari Kecamatan Nayalindung Kabupaten Sukabumi. Kelompok ini berawal dari perkumpulan pengajian ibu-ibu rumah tangga yang peduli terhadap keadaan ekonomi masyarakat kecil.

            Identitas Kelompok Wanita Karya
Ø  Nama Ketua               :  Lina Mulyani, Amd
Ø  Nama Kelompok       :  MULIA PANGAN
Ø  Tahun Berdiri             :  Januari 2010
Ø  Alamat Perusahaan   :  Kampung Cisayar Desa Mekarsari
   Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi    
III.               KEBUTUHAN MODAL USAHA
a.      Pembelian Jahe sebanyak 1000kg @ Rp. 8.000
b.      Terpal 2 unit
c.       Pisau dapur 15 unit
d.      Karung Bekas 200 pcs
e.      Mesin perajang jahe
f.        Gula aren 500kg
g.      Gula pasir 100kg
h.      Cengkeh 2 kg
i.        Kemasan
Rp.   8.000.000
Rp.      600.000
Rp.      300.000
Rp.      600.000
Rp.   3.000.000
Rp.   5.000.000
RP.   1.000.000
Rp.      150.000
Rp.      500.000
JUMLAH
           Rp. 19.150.000






IV.              PENUTUP
Dari apa yang tertuang di atas pada usaha Pengolahan Jahe memiliki prospek yang cukup baik dan menguntungkan serta dapat memberikan peningkatan pendapatan masyarakat tani yang pada akhirnya kesejahteraan keluarga dapat meningkat.
Demikian proposal ini dibuat dan diajukan kepada Donatur dari Kelompok Wanita Karya “ MULIA PANGAN “ Desa Mekarsari Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi. Semoga Donatur dapat berkenan serta mengabulkannya permohonan kami.
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Sukabumi, 10 januari 2011

Sekretaris kelompok






Ai

Ketua Kelompok
MULIA PANGAN





LINA MULYANI, AMd

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar